Rabu, 25 Februari 2009

Dari kegundahanku Jadi kepuasanku..... perjalanan putaran 1 lesson study SMP 15 Yogyakarta

Awalnya diriku gundah melihat dan mengikuti pembekalan workshop PKM bertajuk Lesson Study, khususnya setelah melihat pengelompokan yang penuh kejanggalan....
namun begitu melihat diri teman-temanku yang sebagian besar gundah juga...
aku malah bersyukur karena dikala hatiku yang gundah tersebut.... ternyata aku kini akan dapat ilmu baru yaitu lesson study yang konon ada plan, do, see...

hari-hari pertama kulalui bersama teman-temanku di SMP 15 yogyakarta yaitu mbak mul, mbak lastri, mas ade dan mas dede serta kami juga ditemani oleh mas krisna dan mbak rita tak lupa ibu kana hidayati, dengan tiket plan yang tak lain adalah merencanakan pembelajaran matematika yang akan dilalui.

Pada ruang PLAN tersebut pertama-tama kami melaksanakan pengenalan kepada pejabat di SMP 15 kulaknuwun istilah jawanya...dengan keterangan-keterangan dari pihak-pihak sekolahlah kami mengetahui kondisi anak-anak disana. memang ternyata anak-anak seusia smp umumnya harus butuh motivasi terus menerus agar mereka berhasil dalam belajarnya. kita tidak hanya mengajar saja namun harus dapat membimbing mereka mengarahkan mereka. dalam melaksanakan ruang PLAN tersebut, tim kami selalu kompak mendiskusikan hal-hal yang sekiranya dalam pembelajaran nanti dapat diterima siswa dan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran tetap eksis, serta bersemangat dalam mengikutinya... melalui diskusi yang sengit juga... karena diskusi kami tidak hanya di sekolah, di kampus, tetapi juga pernah dilaksanakan pintu masuk makam depan UNY dan juga di bawah pohonpun dilakukan .... karena untuk memperoleh sertifikasi PLAN yang mendekati hasil yang nyata, alhamdulillah PLAN berhasil untuk putaran I berhasil kita buat. hasilnya berupa RPP yang benar-benar mendekati kondisi anak secara umum, teaching guide untuk memandu guru model mulai akting disaat pendahuluan, mengaktifkan siswa, termasuk kegiatan intinya apa, apa yang harus dilakukan secara detail yang ditulis secara detail kayak nulis skenario film, membuat dan merancang LKS yang baik yang bisa dimengerti siswa, media peraga yang akan digunakan.... wah pada acara pembuatan alat peraga ini seru karena kami ndak ingat waktu sampai-sampai teman kami pak ade pulangnya jam 11 malem dikirain masih jam 7 malem karena asyiknya buat demi anak-anak, masih dilanjutkan esoknya lagi e... juga sama mas ade dan mas dede pulang malem lagi... tapi beliau tetap tenang karena yang nganterin pulang ke kos... tapi selesai juga alat peraganya; tibalah saatnya kami punya tiket DO.

Pada pengambilan tiket DO, yang dapat giliran pertama adalah diriku... wah diriku agak was-was juga karena melihat observasi kelasnya dan keterangan dari guru aselinya.... katanya motivasi belajarnya masih rendah katanya ditambah rata-rata kelasnya rendah.... eeee..... ternyata berbalik arah 180 derajat ternyata, mereka antusias sekali dan aktivitasnya tinggi dalam merespon guru... apa hayooo rahasianya sampai mereka beresemangat.... karena model pembelajarannya beda dengan biasanya... karena RPP yang kami gunakan memakai bumbu penemuan terbimbing dengan sup kooperatif ditambah racikan bumbu diskusi, tanya jawab serta penugasan... mereka ternyata suka dihargai dan dijuluki seorang peneliti...., karena mereka bisa bebas berkeskpresi....berpendapat..... dan hasilnya pada waktu mengerjakan tugas mereka berusaha memecahkan sendiri tanpa minta bantuan temannya lagi.... habat ya mereka....
kongketnya, pertama kita hipnotis dengan batu pendahuluan yang sudah dimantrai oleh tujuan pembelajaran, hasil yang mereka akan capai ditambah jompa-jampi apersepsi mengingatkan masa lalu mereka yang kaitannya dengan pengetahuan yang mereka miliki... plus diwanti-wanti agak tetap konsentrasi pada pelajaran, kemudian mereka kita ajak untuk menuju ruang diskusi.... dengan mengambil bahan-bahan yang akan mereka diskusikan... dengan syarat mereka harus bersemangat belajar....dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi....dan tanggapan teman yang tidak presentasi....akhirnya menyimpulkan hasil-hasil diskusi tersebut secara bersama-sama dengan guru agar memperoleh hasil yang benar...dan latihan soal dilanjutkan menerima PR...diujung perjumpaan salam penutup....

Setelah tiket do dilalui, mulai kita ambil tiket see diantaranya refleksi, walaupun secara keseluruhan jalannya pembelajaran lancar dan sesuai tujuan namun sebagai manusia ada kekurangannya.... diantaranya.... pas membuat kelompok, diriku menyusuh mereka membuat sendiri dengan maksud mengajarkan mereka demokrasi e... ternyata menyita waktu... kata teman-teman observer sih... kita harus tentukan langsung....kemudian tulisan yang untuk mereka presentasikan kurang besar.... jeda antara mengumpulkan dan menempel hasil diskusi jangan terlalu lama dengan waktu mulai presentasi agar mereka tetap terkontrol guru....ya.... terima kasih pada teman setimku untuk terus saling mengingatkan... guna Tiket PLAN selanjutnya lebih bagus lagi...

wah ternyata puas lho.... lesson study ternyata mangasyikkan, karena disitu kita bisa sharing, saling bertukar pikiran, saling membantu, demi anak-anak penerus bangsa.....

3 komentar:

Mulyati mengatakan...

Sukses.... buat tim SMP 15 Yogyakarta...

Unknown mengatakan...

tetap semangat semua rekan-rekan... mumpung tugas mata kuliah belum menumpuk....

RUSGIANTO'S BLOG mengatakan...

Pak Edi jangan cuma bersama tim di SMP 15 saja dong pelaksanaan LS, tapi kembangkan juga di Semarang.
Sukses menyertai Pak Edi.
Amin