Senin, 26 Januari 2009

Ketika Anak berbicara tentang pengalaman ketidak sukaan belajar matematika…….

Pada tanggal 27 Januari 2009, penulis mengadakan survey tentang pengalaman siswa bersekolah dari SD sampai SMP dalam mengikuti pembelajaran matematika. Responden survey adalah siswa-siswa SMP tempat penulis mengajar.

Inilah celoteh-celoteh mereka:
Erinda, Dhayana Putri Pertiwi, ia tidak suka pelajaran matematika mulai kelas 5 SD, karena pelajaran di kelas 5 SD mulai agak susah dan tidak mengerti cara mengerjakannya maka sampai sekarang (SMP) saya tidak terlalu pintar untuk mengerjakan matematika (karena menghtiungnya susah dan rumit).

Rizka Ayu Anggraini, kelas 4 SD mulai tidak suka matematika karena matematika sangat susah, dan membingungkan terkadang juga mengasyikkan, dan menurut saya matematika terkadang membingungkan dan mengasyikkan.

Anisa Rahmawati, mulai tidak suka kelas 1 SMP karena bila diterangkan terlalu cepat dan agak sulit bila tidak paham cara dan rumusnya tetapi aku juga suka sama matematika walau membuatku pusing tujuh kelilinh dan tidak pernah membosankan.

Lia Febriani, tidak suka kelas sampai kelas 2 SD, tetapi mulai kelas 3 SD sampai sekarang suka (SMP) karena ada manfaatnya yaitu mengasah otak saya supaya otak saya encer dan cepat berpikirnya.

Agung Budiyanto, mulai tidak suka kelas 6 SD karena soalnya sangat rumit, dan saya selalu tidak bias mengerjakannya.

Indra Dwi, mulai tidak suka kelas 6 SD karena waktu kelas 6 ada soal yang rumit dan saya tidak bias mengerjakannya kerana rumit sejak hari itu saya tidak suka pelajaran matematika.

Arief, mulai kelas 3 SD tidak suka matematika karena pada kelas 3 saya bingung rumusnya apalagi ulangannya.

Prasetyo Adi, mulai tidak menyukai matematika kelas 6 SD, karena sulit dan butuh perhitungan yang banyak untuk memecahkan suatu soal.

Tito Aditya. Ia mulai tidak suka matematika kelas 5 SD karena waktu itu materi yang belum diajarkan sudh keluar di dalam ulangan.

Meta Indra Sari, ia tidak suka matematika di kelas 1 SMP karena pelajarannya agak rumit daripada pelajaran SD dan cara-caranya lebih rumit dan panjang.

Jessyca Ade, aku tidak suka matematika kelas 4 SD karena agak rumit dan terkadang saya marah sendiri kalo tidak suka. Ada kejadian waktu kelas 6 SD saya tidak bias matematika sampai-sampai saya jatuh sakit.

Nabela, aku tidak suka matematika kelas 5 SD karena menurut saya matematika itu menantang tetapi nilai saya jelek jadi saya harus melihat kesalahan saya dimana????

Adi Kurniawan, tidak suka mulai kelas 1 SMP karena saya tidak bias mengerjakannya.

Victoria, aku mulai nggak suka kelas 3 SMP karena mbingungin soalnya……

Dwi Arya, aku mulai nggak suka kelas VII, karena matematikanya bikin pusing.

Dian kristanti, mulai ndak suka matematika kelas IX, karena di dalam matematika kelas 3 sangat membingungkan dan rumus-rumusnya lumayan susah. Tetapi dari kelas 1 SD sampai kelas 2 SMP saya lumayan suka kerana matematika itu sangat menyenangkan.

Nia Susi Lafinia, saya mulai agak tidak suka kelas 4 SD karena guru yang tidak enak ngajar dan kalau salah dimarahi. Sya mulai mencoba menyukai matematika karena teman saya begitu semangat untuk belajar matematika di mata dia soal matematika mudah tetapi di mata saya begitu sulit. Padahal kalau sudah dibahas manjedi mudah, saya ingin mencoba suka dengan matematika karena sebenarnya matematika itu asyik.

Ega Riski, agak tidak suka matematika kelas 6SD, karena pada saat TK sampai kelas 5 SD menurut saya pelajaran matematika sangat seru tetapi setelah kelas 6 SD menurut saya pelajaran matematika sangatlah membuat saya sangat bingung dan saya tidak tahu sebabnya apa karena sangat sulit?

Lela Irawati, aku agak tidak suka matematika kelas VII dan VIII, karena waktu kelas tersebut gurunya tidk enak dan kurang menyenangkan dalam menerangkannya.

Riyanti Ratna Ayu, saya tidak suka matematika kelas V SD karena pelajaran matematika mulai menyulitkan maka sejak itu saya idak suka tetapi mulai kelas VIII SMP sya mulai suka.

Nur Hidayati, saya tidak suka matematika kelas 4 SD karena sulit menghafal rumusnya dan sulit menemukan jawabannya.

Putri Ayu, saya ndak suka waktu kelas 5 SD, karena saat SD pelajaran matematika begitu terasa membosankan dan tidak menarik karena guru menjelaskan matematika seperti sangat monoton dan serius sekali, tidak ada penerapannya. Tidak asyik dan siswa terlalu menganggap matematika itu menakutkan dari sananya.

Chandrika, saya agak nggak suka matematika kelas 5 SD karena gurunya malas mengajarnya.

Kristiyowati, saya tidak suka matematika kelas 4 SD karena gurunya kalau menjelaskan tidak jelas dan kalau memberi tugas tidak pernah dicocokkan jadi membuat saya tidak suka metamtika.

Bagaimana kesulitan – kesulitan mereka dapat teratasi ya…..bantu dong……

2 komentar:

Arie Wibie mengatakan...

interesting banget Mas......tapi kok minim banget nih....tambah terus dong......terimakasih.salam kenal....saya alumni pend ekonomi 05

Mas Blogger mengatakan...

Terima kasih atas info yang berharga tersebut bro.. Salam kenal